Komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah
kontrol  instruksi   yang   disimpan   di  dalam    memorinya,   memori tersebut  dapat
menyimpan data, memanipulasi data menurut aturan yang ditentukan,
memberikan hasil dan menyimpan hasil untuk keperluan mendatang.

*Komponen yang ada di dalam sebuah Komputer:

1. Input Divice
Adalah   komponen   hardware    yang   mengijinkan     pengguna   untuk
memasukan data atau instruksi (program, command, respon user) ke
dalam sebuah komputer.
Yang temasuk dalam input divice adalah:

a. Keyboard, adalah peralatan input yang berisi tombol yang user
tekan untuk memasukan data ke dalam komputer.

b. Pointing device, terdiri atas:
1. Mouse, adalah sebuah peralatan pointing yang ukurannya sebesar
telapak tangan anda sehingga cocok untuk dioperasikan dengan
tangan anda.
2. Trackball,   adalah  peralatan    pointing  dengan   bola  pada
permukaannya.
3. Pointing   stick,   adalah    peralatan    pointing    yang   sensitive
terhadap   tekanan  yang   letaknya   ada   pada   tombol-tombol   pada
keyboard.
4. Touchpad, adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil,
dan datar yang sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya
touchpad ada pada notebook.
5. Joystick, adalah peralatan pointing yang berbentuk tuas yang
dioperasikan berdasarkan arah gerakan yang diinginkan.
6. Light pen, adalah input yang dapat mendeteksi keberadaan cahaya.
Alat  ini   hanya  digunakan    pada  layar    khusus.  Sang   pengguna
memilih objek dengan cara mengaktifkan light pen pada layar.
7. Stylus   pen,   adalah   peralatan   input    berbentuk   bolpen   yang
menggunakan tekanan untuk memilih objek pada layar. Alat input
ini   biasanya   digunakan   dengan    graphic  table    dan   software
handwriting recognition software sehingga alat input ini cocok
digunakan untuk menulis tangan atau menggambar.
8. Touch screen, adalah layar yang peka terhadap tekanan. Dengan
layar ini, pengguna memilih objek dengan cara memilih langsung
dengan jari atau sebuah stylus. Biasanya, touch screen digunakan
untuk kios informasi pada hotel, museum, restoran, atau PDA dan
tablet PC.

c.  Voice   input,   adalah  proses   untuk   memasukan   data  dengan   cara
berbicara melalui alat input khusus untuk suara. Contohnya: tape, CD/
DVD player, radio, MIDI, microphone.

d. Input gambar, terdiri atas:
1. Digital camera, merupakan peralatan yang mengijinkan pengguna
untuk   mengambil   gambar   dan   menyimpan   gambar    dalam   bentuk
digital.
2. Optical character recognition, adalah teknologi yang melibatkan
pembacaan   hasil   tertulis,   hasil   print,   atau   karakter   yang
tertulis dari sebuah computer dari dokumen biasa dan mengubahnya
ke  dalam   bentuk   yang  computer   mampu   proses.   Teknologi   ini
biasanya digunakan untuk dokumen tagihan.
3. Optical mark recognition, adalah teknologi yang membaca tanda
hasil   buatan   tangan   seperti    lingkaran   kecil    atau   kotak.
Teknologi ini biasanya digunakan untuk pengisian tes, survey,
atau kuesioner.
4. Scanner, merupakan alat input dengan cahaya yang membaca grafik
dan teks tercetak dan kemudian merubah hasilnya ke dalam bentuk
yang computer mampu proses.
5. Barcode reader, merupakan peralatan optic yang menggunakan laser
untuk membaca barcode. Barcode adalah kode identifikasi yang
berisi   kumpulan  garis   vertical   dan  spasi   dengan   lebar  yang
berbeda.    Barcode     biasanya    merepresentasikan      data    yang
mengidentifikasikan   perusahaan   dan  benda  tersebut.   Biasanya
barcode digunakan pada kemasan produk.
6. MICR reader, adalah alat yang dapat membaca teks tertulis dengan
tinta magnetis. Teknologi ini biasanya digunakan pada cek.

e. Video input : adalah proses untuk mengambil gambar bergerak secara
penuh ke dalam sebuah computer dan menyimpan mereka ke dalam sebuah
harddisk/DVD. Inovasi teknologi input, sbb: point-of sale terminals,
automated teller machines, smart display, biometric input.

2. Output Divice
Adalah komponen/peralatan tambahan dari computer yang digunakan
untuk menampilkan output. Output adalah data yang diproses menjadi
bentuk yang berguna. Output dapat berupa teks, grafik,audio, dan
video.
Yang termasuk dalam output divice adalah:

a. Display divice, terdiiri atas:
1. CRT Monitor, adalah monitor desktop yang mirip dengan televisi
standar karena monitor ini berisi CRT (Cathode Ray Tube).
2. Flat-Panel Display, merupakan peralatan display dengan ketebalan
yang   tipis  tanpa   menggunakan   teknologi   CRT.  Secara    umum
dibedakan menjadi 2, yaitu: monitor plasma dan monitor LCD.

b. Peralatan cetak, terdiri atas:
1. Dot-matrix Printer, merupakan printer yang menghasilkan gambar
ketika pin kecil dari head printer menabrak pita tinta.
2. Inkjet Printer, merupakan printer yang mencetak karakter dan
gambar   dengan  menyemprotkan   titik–titik   tinta   ke  selembar
kertas.
3. Label  Printer,  merupakan  printer   kecil  yang  digunakan   untuk
mencetak pada isolasi/benda semacamnya.
4. Laser   Printer,  merupakan   printer   berkecepatan    tinggi   dan
berkualitas tinggi.
5. Photo Printer, merupakan printer warna yang menghasilkan gambar
dengan kualitas lab foto.
6. Plotter,  merupakan   printer  yang  digunakan  untuk   menghasilkan
gambar berkualitas tinggi, seperti blueprint, peta, dan circuit
diagram.
7. Large Format Printer, merupakan printer yang digunakan untuk
menciptakan gambar dengan warna foto realistik, seperti poster,
rambu, dan proyek serupa.

c. Peralatan suara, terdiri atas:
1. Speaker,   biasanya  digunakan   untuk  menghasilkan  suara   dengan
kualitas yang tinggi. Pada speaker, anda dapat mengatur tone,
volume, bass, untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan.
2. Headset, merupakan output device yang menghasilkan suara dari
computer untuk individu pemakainya.
3. Inovasi teknologi output, sbb: mesin fax, peralatan multifungsi,
proyektor, dan Force feedback pada joystick dan setir.

3. Storage Divice
Adalah hardware computer yang merekam atau mengambil data dari
atau  ke  media storage.   Media  storage   adalah materi   fisik  tempat
computer menyimpan data, instruksi, dan informasi. Kapasitas adalah
jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage.
Yang termasuk dalam storage divice adalah:

a. Primer
Memory   atau   RAM  menyimpan   data   yang  akan   diartikan   dan
dieksekusi dengan prosesor. Memori terbagi atas 2 macam, yaitu:
1. Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca
saja, tidak    dapat dirubah dan dihapus dan sudah       diisi oleh
pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer
dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan
ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah
untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek
semua peralatan      yang   ada   di  unit   sistem   dan  perintah  untuk
menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun
tidak   ada   aliran    listrik.   Sekarang    ini  ROM   telah  mengalami
perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya:
– PROM (Programable RROM), yaitu ROM yang bisa kita program
kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

– RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi
PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai
dengan yang diinginkan.
– EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita
hapus   dan   program    kembali,    tapi   cara   penghapusannya   dengan
menggunakan sinar ultraviolet.
–   EEPROM   (Electrically      Erasable    Program   ROM),   perkembangan
mutakhir    dari   ROM   dimana   kita   dapat   mengubah   dan  menghapus
program    ROM   dengan   menggunakan     teknik   elektrik.   EEPROM  ini
merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
2. Random Access Memori (RAM), adalah memori yang dapat diakses
secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita
olah   untuk    sementara    waktu    (power   on)   jika   komputer  kita
matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.

b. Sekunder, terdiri atas:
1. Harddisk menyimpan system operasi, software aplikasi, data user,
dan   informasi.     Harddisk    merupakan    peralatan    penyimpan  yang
berisi satu atau lebih platter berbentuk lingkaran dan tidak
fleksibel yang menyimpan data, instruksi dan informasi.
2. CD/DVD menyimpan software, backup, film maupun music. CD/DVD
merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk
portable berbentuk lingkaran dan datar yang terbuat dari metal,
plastic, atau lacquer.
3. Mobile    storage     menyimpan    gambar    digital    atau   file  untuk
dipindahkan.
4. Tape menyimpan backup data. Tape adalah pita plastic berlapiskan
magnet yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jumlah
banyak pada harga yang rendah.
5. Floppy disk menyimpan file kecil untuk dipindahkan. Floppy disk
merupakan media penyimpanan yang portable dan tidak mahal yang
terdiri   dari   plastic   yang    tipis   berbentuk   lingkaran   dan
fleksibel dengan bentuk kotak.
6. ZIP disk merupakan media magnetic portable yang dapat menyimpan
dari 100 MB hingga 750 MB data.
7. Smart card adalah media penyimpanan yang mirip dengan kartu ATM
dan dapat menyimpan data pada sebuah microprocessor tipis yang
ditanamkan dalam sebuah kartu.
8. USB merupakan alat penyimpan storage yang dapat digunakan dengan
cara   memasukkannya   ke   port  USB   pada   sebuah  computer   atau
portable device.

Iklan