A. Matikan beberapa fitur Start Up bawaan windows.,….

Pada proses ini akan bertujuan mempercepat loading Windows pada waktu Booting atau pertama kali kita menghidupkan Komputer.

* Masuk menu RUN dengan menekan tombol windows pada keyboard + r secara besamaan>>> Ketikan MSCONFIG >>OK >> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua cawang pada Start up kecuali Program Anti virus
* Klik Menu service >> Hilangkan cawang pada Automatic Updates
* Setelah itu >>> Aplly >>> Ok

Hal ini memerlukan Restart Windows, Setelah itu ada Message Windows dan pilih dont show this message again. Kemudian lanjutkan ke Optimasi pada Registry Windows di bawah ini.

B. Optimasi Pada Registry

Rubah Registry Windows pada bagian berikut ini.

* MASUK RUN >> Ketik REGEDIT >> >> OK
* MY COMPUTER >>> HKEY_CURRENT_USER >> CONTROL PANEL >> DESKTOP >>
* Cari MENU SHOW DELAY >> Doble Klik dan rubah value data menjadi 10
* Cari HUNG-UP TIME OUT >> Doble Klik rubah value dataya menjadi 5
* MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CONTROLSET001 >> CONTROL >> WAIT TO KILL SERVICE >> Rubah Valuenya menjadi 500
* MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CONTROL SET002 >> CONTROL >> WAIT TO KILL SERVICE >> Rubah Valuenya menjadi 500
* MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CURRENT CONTROL Set> COntrol >> SESION MANAGER >> MEMORY MANAGEMENT >> DISABLE PAGING EXCecutive >> Rubah Value data menjadi 1

C. Optimalkan Virtual Memory

* Masuk Control Panel >> System >> Advanced >> Performance Setting >>> Pilih Custom >> Cawang pada : “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian aplly.

* Pada menu advanced >>> Virtual memory >> Change >> Klik pada drive c:Windows >> Pilih Custom Size >> Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 rubah ke 512 , 512 rubah 1000) atau anda bisa merubah sesuai keinginan anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik Ok.

modifikasi diatas bertujuan untuk mengoptimalkan dan mempercepat proses kerja suatu program atau software. Dan untuk mencegah peringatan / warning Virtual memory too low pada saat menjalankan program yang berat seperti Adobe Photoshob, Corel Draw, Adobe Premiere, Pinacle dan program berat lain yang memerlukan Virtual memory yang besar. Dan juga hal ini untuk mendukung Memory Ram yang kecil sehingga masih bisa digunakan untuk menjalankan progam berat tersebut.

Setelah selesai lakukanlah Restart komputer maka kinerja dan Performance Computer anda akan lebih cepat dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat.,…

selamat mencoba.,……………..

Iklan