Mungkin temen – temen masih bingung tentang pengertian FREEWARE, SHAREWARE dan OPENSOURCE.,…. disini saya akan coba jelaskan pengertian masing2.,..
Bwt tmn2 yg ud tau gpp lah ya kali ini saya coba posting tulisan ini bwt yang masih bingung tentang pengertian FREEWARE,SHAREWARE, dan OPENSOURCE.,..
Baiklah.,.,..
Let’s begin…..

1. Freeware
Dari judulnya aja “Free”.,,…
Uda jelas banget kan yang namanya free tu gratis.,.hhihihihii…
Eeeeeiiitts.,.,tp tunggu dulu.,.
Ini penjelasan lengkapnya :
freeware adalah konten yang didistribusikan secara bebas oleh penciptanya dan tanpa biaya untuk mendownloadnya alias gratis, namun masih memiliki batasan hak penciptanya. Konten Freeware itu isinya beragaram, ada yang berupa aplikasi(software), dokumen (ebook,dokumen word), source code, engine web (wordpress, CMS, PHPBB).
Nah lo.,…!!! dah ngerti kan.,…???
Free kan.,…????!! Gratis kan.,….???!!

2. SHAREWARE
Shareware adalah konten yang didistribusikan secara komersil , atau orang biasa menyebutnya sebagai trial version atau tryout, dalam hal ini Anda hanya diberikan tenggang waktu tertentu untuk mencoba aplikasi yang anda gunakan, sebelum anda membelinya. setelah anda telah sampai dimasa tenggang waktu maka anda diharuskan untuk secara langsung melalui internet, contoh dari shareware ini adalah Stylexp, Windows Blind, winRaR dan sebagainya……

3. OPENSOURCE
open source adalah istilah bagi software yang dapat dimodifikasi ulang, atau dimodif sesuai keinginan kita, namun tetap menyisipkan nama penciptanya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Contoh nyata adalah sistem operasi Linux, Unix dan Free BSD. Selain untuk sistem operasi, open source digunakan juga engine web, seperti CMS joomla, mambo, phpbb, wordpress, dan masih banyak lagi

Iklan