Sejarah Tentang Android

Android adalah salah satu dari sekian banyak operating system (OS) yang merupakan open source berbasis Linux dan digunakan (dikhususkan) hanya pada perangkat mobile (bukan PC).
Android dibuat oleh sebuah perusahaan kecil pembuat software yang bernama Android Inc. , yang didirikan pada tahun 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Chris White, dan Nicks Sears di Palo Alto, California. Pada saat itu, perusahaan Android Inc. membuat OS Android dengan niat untuk membangun dan mengembangkan sebuah operating system mobile baru yang lebih baik dan lebih canggih dari operating system mobile lainnya yang ada pada saat itu. Sampai akhirnya pada tahun 2005 raksasa internet “Google” merasa tertarik dan mencoba untuk mengajukan penawaran, yang pada akhirnya  Google membeli seluruh saham dan mengakuisisi perusahaan pembuat OS Android tersebut. Sejak saat itulah dimulainya perkembangan Android.

 

logo android | Robot Hijau

 

Perkembangan Android Bersama Google Inc.

Setelah Google membeli Android Inc. dan menjadikannya bagian dari perusahaan Google Inc. , Google mulai mencoba mengembangkan operating system tersebut. Pada tahun 2007, dibentuklah sebuah aliansi bernama Open Handset Alliance yang bertujuan membuat open standart untuk mobile phone berbasis Android. Dimana Open Handset Alliance tersebut dibentuk oleh beberapa perusahaan besar seperti Google, HTC, LG, Samsung Electronics, Motorola, Nvidia, Intel, Broadcom Corporation, Qualcomm, Marvell Technology Group, T-Mobile, Texas Instrument dan Sprint Nextel.

Sampai akhirnya pada Desember 2008 kembali bergabung 14 perusahaan lain dalam Open Handset Alliance, yaitu ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Itulah langkah awal perkembangan Android yang membuat operating system tersebut sekarang sangat digemari banyak orang dan mulai menggeser operating system lainnya.

Iklan